Reshuffle Kabinet Harus Lepaskan Diri Dari Neoliberalisme

4 05 2007

Jakarta: Reshuffle (perombakan) kabinet yang akan dilaksanakan oleh Presiden harus mampu membangun komposisi kabinet dengan orang-orang yang bisa membuat Indonesia lepas dari neoliberalisme. Menurut siaran pers dari Koalisi Anti-Utang yang diterima kantor berita Antara Jakarta, Kamis (3/05), hal tersebut tidak bisa ditawar lagi karena neoliberalisme bertentangan dengan konsitusi atau Undang-Undang Dasar (UUD) 1945. Selain itu, kinerja sejumlah pihak yang dapat disebut sebagai fundamentalis neoliberal justru mengikis kemandirian ekonomi yang telah dicanangkan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Oleh karena itu, perombakan kabinet harus menyentuh tim ekonomi,dengan menempatkan orang-orang yang memahami implementasi kebijakan yang menjadi mandat dari UUD 1945. Pascareshuffle, diharapkan para menteri tersebut khusunya Menteri Keuangan (Menkeu), dapat mengoreksi kebijakan liberalisasi ekonomi, pencabutan subsidi dan swastanisasi melalui privatisasi perusahaan negara yang menguasai hajat hidup orang banyak dan berfungsi menjalankan pelayanan umum. Selain itu, para menteri tersebut perlu pula untuk mengoreksi kebijakan anggaran negara (APBN) agar menjadi kebijakan yang sesuai dengan pemenuhan hak konstitusi rakyat.

Agar pemerintah memiliki kesempatan untuk mengalokasikan belanja negara demi pemenuhan hak konstitusi rakyat, maka Menkeu harus berusaha mendapatkan penghapusan utang. Untuk itu, ia harus mampu meyakinkan dunia internasional bahwa penghapusan utang merupakan bagian dari kebijakan untuk memajukan kehidupan sosial dan perekonomian rakyat Indonesia. Kemudian, Menkeu patut mengedepankan pula aspek pertanggungjawaban kreditor yang selama ini telah mengabaikan dampak sosial dan ekonomi dari kebijakan yang mereka paksakan pada pemerintah Indonesia. (ant)

Beritasore.com, 04 Mei 2007


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: