Aktivis Demokrasi Dukung Pengunjuk Rasa

16 04 2007

JAKARTA, KOMPAS – Beberapa aktivis demokrasi di Jakarta, Senin (16/4), mendukung para korban lumpur di Porong, Sidoarjo, Jawa Timur, berunjuk rasa menyampaikam aspirasi kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Istana Merdeka. “Mengapa sampai sekarang terus berjatuhan korban dalam kasus lumpur panas PT Lapindo Brantas, tetapi negara tetap tidak menetapkan pelakunya? Ketika negara tidak melaksanakan kewajibannya itulah, maka hak rakyat adalah melawan (demontrasi),” demikian kata Sekretaris Jenderal Relawan Perjuangan Demokrasi (Repdem) Budiman Sudjatmiko dalam konferensi pers bersama aktivis demokrasi lainnya di Universitas Paramadina, Jakarta.

Hadir saat itu antara lain rohaniwan Benny Susetyo, Direktur Eksekutif Soegeng Sarjadi Syndicate Sukardi Rinakit, seniman Radhar P Dahana, Koordinator Gerakan Kaum Muda Ray Rangkuti, Ketua Pedoman Indonesia Fadjroel Rachman, Ketua Wahana Tani Indonesia Agusdin Pulungan, Yudi Latif dari Universitas Paramadina, Koordinator Nasional Koalisi Anti Utang Kusfiardi, Deputy Direktur Wahana Lingkungan Hidup Indonesia Ridha Saleh, dan lain-lain.

Para aktivis ini membentuk forum Kaukus Pembela Hak-hak Sipil dan Ekonomi Korban Lapindo guna memberikan dukungan kepada setiap korban lumpur panas di Sidoarjo untuk meraih hak-haknya. “Persoalan masyarakat Jawa Timur akibat lumpur Lapindo merupakan persoalan bangsa. Akibat bencana ini, ada lebih dari 15 juta penduduk terpengaruh matapencahariannya dan terus terancam pengangguran,” kata Benny.

“Rencana penyelesaian pembayaran ganti rugi para korban lumpur Porong kini juga rawan persoalan, karena pemerintah akan mengandalkan utang luar negeri Rp 20 triliun, yang nantinya utang tersebut sepenuhnya menjadi beban seluruh masyarakat Indonesia. Di mana tanggung jawab perusahaan yang menyebabkan musibah ini?” kata Kusfiardi. Sukardi Rinakit pada kesempatan itu juga menyinggung, perlunya pemerintah pusat mengambil alih penyelamatan para korban Lapindo dengan segera. Tetapi, aset perusahaan yang menyebabkan peristiwa tersebut juga harus disita dan dilelang untuk pemenuhan ganti rugi penduduk.

KOMPAS CYBER MEDIA,  16 April 2007


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: