”Batalkan RUU PM”

29 03 2007

Jakarta-Koalisi Anti Utang (KAU) mendesak DPR membatalkan rencana pengesahan RUU Penanaman Modal (PM) yang dijadwalkan dilaksanakan Kamis (29/3) ini. “Kami juga mendesak pemerintah dan DPR lebih mendahului penyelesaian problem utama keterpurukan ekonomi nasional seperti dalam aspek fiscal dan moneter,” kata aktivis KAU Yuyun Harmono, dalam siaran persnya, di Jakarta, Rabu (28/3). Menurut Yuyun, kebijakan anggaran negara yang terjebak utang, menyebabkan pemerintah gagal memenuhi pembiayaan pembangunan infrastruktur maupun kebutuhan pelayanan hak dasar rakyat.

Utamanya dalam konteks investasi, masalah domestik seperti ekonomi biaya tinggi, transparansi, kepastian hukum yang merupakan problem utama yang perlu diselesaikan terlebih dahulu, katanya. “Jadi bukan dengan membuat UU baru yang jauh dari semangat kepentingan nasional dan sama sekali tidak berniat untuk mengkoreksi struktur ekonomi nasional warisan kolonial yang menindas rakyat.”

RUU Penanaman Modal yang akan disahkan DPR hari ini, menurut Yuyun, adalah bagian dari upaya untuk meliberalisasi pengelolaan ekonomi nasional seperti halnya undang-undang sejenis sebelumnya. “Proses pembahasan yang sangat tertutup dan dipaksakan menunjukkan bahwa RUU ini sarat akan kepentingan, baik dari partai politik, pemerintahan yang berkuasa, maupun kepentingan negara-negara kreditor.” – Ant

Solopos. 29 Maret 2007


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: