10 LSM Tolak RUU Penanaman Modal karena Untungkan Asing

8 03 2007

Jakarta- Sebanyak 10 lembaga swadaya masyarakat (LSM) menggelar jumpa pers di Jakarta, Kamis, menolak RUU Penanaman Modal (RUU PM) yang akan disahkan pada 13 Maret 2007 oleh DPR RI karena rancangan peraturan itu, dinilai akan lebih menguntungkan investor asing.

Sebanyak 10 LSM adalah Perhimpunan Bantuan Hukum dan Hak Asasi Manusia (PBHI), Jaringan Advokasi Tambang (JATAM), Sekretariat Bina Desa, KPA (Konsorsium Pembaruan Agraria), KPI (Koalisi Perempuan Agraria), KAU (Koalisi Anti Utang), FSPI (Federasi Serikat Petani), Kelompok Perempuan untuk Keadilan Buruh (KPKB), Internasional NGO?s Forum for Indonesian Development (INFID), dan Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI).

“RUU PM ini merupakan lanjutan dari pemerintah dalam meliberalkan sistem perekonomian Indonesia dari sisi investasi, artinya akan menghilangkan wilayah-wilayah yang menjadi hak ekslusif negara yang dapat digunakan untuk kepentingan masyarakat,” kata Kordinator KAU Kusfiardi.

RUU PM ini ditolak oleh 10 LSM tersebut karena mengindikasikan adanya intervensi asing dalam penyusunannya.

Kepentingan tersebut terlihat dari pasal-pasal RUU PM yang tidak membedakan perlakuan antara investasi asing dan domestik, tidak ada pembatasan penguasaan sektor publik, tidak ada pengaturan investasi dikaitkan dengan kepentingan nasional. “Bahkan semangat liberalisasi yang berlebihan itu melahirkan pasal-pasal yang memberi peluang investor asing melakukan transfer dan repratriasi modal secara bebas,” katanya.

Dikatakannya, RUU PM tidak mengedepankan kepentingan nasional justru melayani internasionalisasi modal yang bertentangan dengan konstitusi RI.

“Dengan demikian kami menolak RUU PM dan menuntut perubahan terhadap pengaturan investasi untuk kesejahteraan rakyat. Dan pada tanggal 13 Maret 2007 kami akan melakukan demonstrasi ke Gedung DPR guna menentang RUU PM tersebut,” tegas Gunawan, Kepala Divisi Kajian dan Kampanye dari PBHI yang memimpin kalangan LSM tersebut. (antara)

Republika, 8 Maret 2007


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: