Siaran Pers Koalisi Anti Utang Tentang Pembubaran CGI

7 02 2007

Menteri Keuangan Jangan Pelintir Tekad Presiden untuk Bubarkan CGI

Jakarta, 22 Januari 2007.Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) telah menyatakan hendakmembubarkan forum Consultative Group on Indonesia (CGI) dan tidak berencana untuk berutang lagi kepada IMF atau lembaga donor lain. Presiden yakin bahwa Indonesia sudah bisa mengatasi masalah utang luar negeri tanpa keterlibatan CGI dan sekaligus menegaskan bahwa utang luar negeri sudah harus mulai dikurangi agar APBN bisa lebih sehat. Lebih jauh Presiden juga menegaskan bahwa Indonesia harus bisa lebih mandiri dalam melaksanakan pembangunan.

Dalam situasi ini nampaknya Presiden harus ekstra hati-hati terhadap para menteri di bidang ekonomi khususnya Menteri Keuangan. Indikasinya sudah terlihat dari pernyataan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Menurut Sri Mulyani, pemerintah akan melakukan pembicaraan utang luar negeri dengan negara kreditor secara bilateral (G to G) bukan lagi melalui CGI. Kemudian Sri Mulyani menambahkan bahwa beberapa negara atau lembaga keuangan internasional, seperti ADB, Bank Dunia, dan Bank Pembangunan Islam (IDB), masih memiliki keinginan besar untuk memberi pinjaman pada Indonesia. Termasuk China juga memberikan tawaran pinjaman.

Selain itu, menurut Sri Mulyani, Indonesia bisa mengandalkan Surat Utang Negara (SUN) untuk membiayai defisit anggaran. Pernyataan Menteri Keuangan tersebut justru akan menjerumuskan Indonesia kedalam jebakan utang yang lebih berat. Menteri Keuangan tidak mau mengupayakan pengurangan utang untuk mengurangi beban defisit anggaran. Selain itu juga mengindikasikan hendak mengalihkan kendali yang selama ini dipegang oleh CGI kepada beberapa lembaga dan negara kreditur saja.

Parahnya lagi, anggaran negara juga harus menanggung beban berat dari SUN yang masa jauh temponya pendek dan suku bunganya tinggi. Nampaknya Menteri Keuangan sangat enggan untuk mengurangi beban utang agar anggaran negara bisa terbebas dari defisit. Sekaligus ingin mempertahankan ketergantungan pembiayaan pembangunan melalui dana pinjaman. Sikap Menteri Keuangan ini sangat menghambat tekad Presiden yang menginginkan Indonesia bisa mandiri dan terbebas dari utang.

Sebaiknya Menteri Keuangan tidak dibiarkan untuk mengambil alih tindak lanjut dari pernyataan Presiden yang ingin membubarkan CGI, mengurangi beban utang dan menjadikan Indonesia lebih mandiri dalam melaksanakan pembangunan. #


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: