Pemerintah fokus utang berjalan

6 02 2007

JAKARTA: Usai pembubaran Consultative Group for Indonesia (CGI) pemerintah akan lebih fokus mengefektifkan utang yang sedang berjalan (on going) dibandingkan mengajukan pinjaman baru.

“Langkah ini dilakukan karena pemerintah menilai saat ini utang luar negeri yang sedang berjalan cukup besar, yaitu US$60 miliar-US$67 miliar,” kata Menneg PPN/Kepala Bappenas Paskah Suzetta pada rapat Rencana Kerja Pemerintah 2008, di Jakarta, kemarin. Apalagi dari jumlah itu masih terdapat utang belum terserap, meskipun sudah melewati batas penarikan dari yang disepakati dengan kreditor.

Dia menilai jika penggunaan pinjaman itu bisa efektif, pinjaman baru dapat signifikan dikurangi. “Ke depan pemerintah akan mengefektifkan penggunaan utang yang sedang berjalan, dibandingkan menegosiasikan pinjaman baru,” tegas Paskah. Caranya, paparnya, melalui koordinasi di internal pemerintah sendiri dan negosiasi langsung dengan kreditor secara bilateral.

Di internal pemerintah, paparnya, kementerian dan lembaga negara (KL) diharuskan mempercepat penyerapan pinjaman agar biaya pengelolaan utang tidak membebani APBN, seperti biaya pinjaman yang belum digunakan (commitmenf fee). Pihaknya juga akan membatalkan pinjaman proyek yang dinilai tidak akan diserap atau kesiapan proyek sangat lambat.

Dengan begitu, lanjutnya, rencana pembangunan melalui pendanaan luar negeri yang telah dinegosiasikan pada tahun-tahun sebelumnya dapat segera direalisasikan. Selain itu, tambahnya, biaya pinjaman luar negeri dapat ditekan. Sementara itu, negosiasi dengan negara kreditor, ujarnya, akan dilakukan untuk mengetahui adanya kemungkinan relokasi, konversi (debt swap), dan pembatalan pinjaman.

Bisnis Indonesia, 6 Februari 2007


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: