Pemerintah Akan Kirim Pemberitahuan Resmi Pengakhiran CGI

26 01 2007

 

Jakarta(ANTARA News) – Pemerintah akan mengirimkan pemberitahuan tertulis (resmi) mengenai pengakhiran forum Consulatitive Group on Indonesia (CGI) kepada bekas negara atau lembaga yang menjadi anggota koordinasi kreditor kepada Indonesia itu. “Sebenarnya begitu kita umumkan, keputusan itu sudah mulai efektif, tetapi secara formil nanti kita akan memberitahukan secara tertulis kepada mereka,” kata Menko Perekonomian Boediono dalam penjelasannya kepada wartawan dan analis pasar modal dan pasar uang di Jakarta, Kamis.

Ia menjelaskan, dalam kesempatan awal pemerintah sudah memberikan penjelasan kepada tiga anggota CGI yaitu Bank Pembangunan Asia (ADB), Bank Dunia, dan Pemerintah Jepang melalui Dubesnya di Jakarta. “Saya sudah ketemu tidak saja dengan ADB dan Jepang, tetapi juga dengan Bank Dunia.

 

Semua menyatakan tidak keberatan bahkan mereka memberikan apresiasi,” kata Boediono dalam acara yang juga dihadiri Menteri Keuangan Sri Mulyani. Pemerintah mengharapkan, anggota-anggota CGI lain juga tidak keberatan dengan keputusan pemerintah Indonesia dan setelah pengakhiran forum CGI itu hubungan RI dengan anggota-anggota CGI tetap berjalan lancar.

Boediono menjelaskan, keputusan pengakhiran forum CGI tahun 2007 ini bukan merupakan keputusan yang diambil secara tergesa-gesa, tetapi sudah disiapkan sejak beberapa tahun lalu. “Dalam pertemuan CGI tahun lalu (2006), kita sudah memberi sinyal bahwa bentuk atau forum seperti ini sudah tidak cocok lagi sehingga harus diakhiri. Kita akan memberi penjelasan kepada para anggota forum-forum tertentu.

 

Jadi tidak ada masalah,” katanya. Menurut dia, setelah pengakhiran forum CGI, format hubungan RI dengan kreditor akan diarahkan kepada hubungan bilateral yang dinilai lebih efektif daripada harus melalui forum koordinasi kreditor di CGI.

Kepada para analis, Boediono meyakinkan bahwa pengakhiran forum CGI tidak akan memberikan dampak kepada perekonomian Indonesia karena pengelolaan yang baik dan hati-hati. “Tidak ada masalah, tidak akan ada dampak yang mengkhawatirkan karena kita kelola dengan baik,” katanya.

CGI merupakan konsorsium negara-negara dan lembaga-lembaga kreditor dan donor internasional untuk Indonesia yang dibentuk pada tahun 1992 sebagai pengganti konsorsium yang sama yaitu IGGI (Inter-Governmental Group on Indonesia) yang didirikan tahun 1967. CGI terdiri dari sekitar 30 kreditor bilateral dan multilateral diantaranya World Bank (WB), Asian Development Bank (ADB), International Monetary Fund (IMF), dan pemerintahan-negara industri seperti Jepang, Amerika Serikat, United Kingdom dan lain-lain.

ANTARA 26 Januari 2007


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: