Saat IMF Kunjungi Mantan ‘Pasien’

24 01 2007

detikcom Jakarta – Kedatangan Managing Director IMF Rodrigo Rato ke Indonesia disikapi dingin oleh pemerintah dan LSM. Rencananya Rato akan diterima Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pukul 11.00 WIB.

Sebelum menerima Rato, SBY akan menggelar rapat terbatas pukul 09.00 WIB, Rabu (24/1/2007) dengan Menko Perekonomian, Menko Kesra, Menko Polhukam, Mensesneg, Menteri ESDM, Menkeu, dan Seskab sebagai persiapan menghadapi Rato.

Pemerintah tampaknya sangat mewaspadai kedatangan Rato apalagi RI kini sudah bebas utang dari IMF sejak Oktober 2006. Lalu apa agenda Rato? Kedatangan Rato bagaikan kunjungan dokter ke mantan pasien. Sayang sang pasien kini tak butuh lagi resep dokter tersebut karena terbukti tidak manjur. Belum lagi kaki Rato menginjak Indonesia, kalangan LSM seperti Koalisi Anti Utang, Gerakan Aliansi Rakyat untuk Penghapusan Utang (GARPU) dan INFID, memperingatkan pemerintah agar tidak lagi terkecoh oleh IMF. Pemerintah diminta mewaspadai kedatangan IMF karena ditakutkan banyak agenda tersembunyi di balik kedatangan Rato.

Menkeu Sri Mulyani pun dengan tegas meminta IMF agar tidak menerapkan standar ganda. Pandangan dan kritikan kepada negara-negara kecil, juga harus disampaikan kepada negara-negara maju dan besar. Keberadaan IMF di Indonesia juga dinilai Sri Mulyani sudah tidak lagi relevan. Sedangkan Menko Perekonomian Boediono menjamin RI tidak akan didikte lagi oleh IMF.

Namun kedatangan Rato ini, menurut Sri Mulyani, harus dimanfaatkan sebaik-baiknya. Kritikan harus disampaikan kepada IMF yang selama ini dianggap tidak adil terhadap negara kecil. Indonesia pun punya kesempatan untuk mengeluarkan pendapat ke IMF mengenai penyelesaian persoalan global. Rato mengunjungi Indonesia 23-24 Januari 2007. Kunjungan Rato merupakan rangkaian acaranya ke Asia setelah sebelumnya mengunjungi Jepang. Rato turut hadir dalam acara peringatan 10 tahun krisis ekonomi Asia yang digelar Bank Sentral Jepang. Setelah mengunjungi Indonesia, Rato dijadwalkan mengunjungi Cina.

Detikcom, 24 Januari 2007


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: