RI ‘tidak utang IMF lagi’

24 01 2007

Pemerintah Indonesia menegaskan, tidak ada rencana untuk berutang kembali pada IMF dalam waktu dekat. Pernyataan itu dikeluarkan sementara Direktur Pelaksana Badan Moneter Internasional IMF mengunjungi Jakarta. Wartawan BBC Dewi Safitri dari Jakarta melaporkan, Rodrigo Rato, sesungguhnya hanya singgah ke Jakarta.

Mendarat sejak Selasa malam di Jakarta, Rato diterima oleh Presiden Susilo bambang Yudhoyono pagi tadi. Rato banyak memuji keberhasilan Indonesia memperbaiki kinerja ekonomi dalam beberapa tahun terakhir.

Hanya beberapa ratus meter dari tempat Rodrigo Rato disambut, puluhan pegiat Koalisi Anti Utang menggelar aksi protes. Mereka mencurigai, kunjungan direktur IMF ini hanya merupakan kedok untuk membujuk pemerintahan {residen Yudhoyono agar kembali menjadi peminjam dana IMF.

Membayar lunas Pemerintah Indonesia sendiri, saat ini nampak cukup percaya diri untuk menyatakan belum akan kembali berutang. Menteri Koordinator Perekonomian Boediono mengatakan, tidak ada rencana atau keperluan untuk mengajukan utang. “Tidak pernah dibahas [dalam pertemuan] di sini pun,” kata Boediono.

Indonesia membayar lunas utang pada IMF Oktober lalu, jauh lebih cepat dari jadwal semula tahun 2010. Dengan pelunasan ini, IMF kehilangan pendapatan potensial diatas 21 juta dollar AS. Sepanjang masa krisis, Indonesia yang dinilai mengalami pukulan ekonomi terparah di Asia tenggara, berhutang kepada IMF hingga 7,5 miliar dollar AS.

BBC Indonesia, 24 Januari 2007


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: