CGI Akan Dibubarkan

24 01 2007

Jakarta (ANTARA News) – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menganggap forum Consultative Group on Indonesia (CGI) tidak perlu lagi dan berencana untuk mengakhiri forum tersebut pada tahun ini.

“Saya pandang perlu untuk mengakhiri format forum CGI tahun 2007 ini. CGI saya nyatakan tidak perlu ada lagi,” kata Presiden saat dicegat wartawan, di halaman kompleks Istana Kepresiden Jakarta, Rabu.

Kebijakan itu diambil karena Indonesia sudah bisa mengatasi problema utang luar negerinya tanpa keterlibatan forum CGI. “Penting bagi kita untuk lebih mandiri membangun kemandirian dalam perencanaan dan pelaksanaan pembangunan,” katanya. Forum CGI didirikan oleh pemerintah Indonesia dan Bank Dunia untuk mengkoordinasi negara-negara pemberi pinjaman di Indonesia.

Presiden mengatakan dengan tidak adanya forum CGI maka pemerintah harus merencanakan anggaran pembangunannya dengan lebih matang dan hati-hati dan bertanggungjawab penuh agar tidak mengurangi kualitas perencanaan dan pencapaian pembangunan. Sementara mengenai pertemuan dengan Direktur Pelaksana IMF Rodrigo de Rato, menurut Presiden, IMF datang bukan untuk menawarkan pinjaman lagi dan pemerintah pun tidak berpikir dan berencana untuk berutang lagi kepada IMF dan lembaga-lembaga lain.

“Kita harus mulai mengurangi pinjaman luar negeri agar APBN lebih sehat, dan rasio utang kita terhadap PDB (produk domestik bruto) makin harus berkurang mendekati angka normal,” kata Presiden

ANTARA 24 Januari 2007


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: