Kedatangan Direktur IMF Ditentang

23 01 2007

JAKARTA (SINDO) – Koalisi Anti Utang (KAU) menentang kedatangan Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (International Monetary Fund/ IMF) Rodrigo Rato ke Indonesia yang dijadwalkan berlangsung Selasa–Rabu (23–24/1) ini.

KAU menilai kedatangan Rato merupakan upaya intervensi dan memanfaatkan Indonesia untuk mengatasi masalah yang dihadapi IMF. ” Mereka (IMF) kan berpotensi mengalami kerugian. Saya pikir, kedatangan dia ke Indonesia untuk membangun skenario kontrol baru atas Indonesia dengan menggandeng kalangan pengusaha dan para akademisi, ” ujar Koordinator Nasional KAU Kusfiardi di Jakarta,kemarin.

Dia mengatakan, Pemerintah Indonesia seharusnya memanfaatkan kunjungan IMF untuk menghapuskan utang Indonesia dan segala produk kebijakan yang lahir dari hasil intervensi melalui Letter of Intent (LoI) dan Post Program Monitoring (PPM). ” Bukan malah sebaliknya, membiarkan Indonesia dimanfaatkan oleh IMF untuk menyelesaikan permasalahan yang tengah dihadapinya, ” kata Kusfiardi.

Sebelumnya, Menko Perekonomian Boediono mengatakan, kedatangan Rodrigo sekedar mampir dalam rangka kunjungannya ke sejumlah Negara-negara di kawasan Asia. Menko menyebut, tidak ada agenda khusus yang akan dibicarakan dalam kunjungan tersebut dan pemerintah tidak menyiapkan agenda apa-apa. Seperti diketahui IMF, kini sedang menghadapi masalah terkait memburuknya potensi pendapatan akibat percepatan pelunasan utang yang telah dilakukan beberapa negara. (ant)

SINDO, 23 Januari 2007


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: