Belum Datang, IMF Panen Kecaman

23 01 2007

detikcom Jakarta – Direktur Pelaksana IMF Rodrigo Rato berencana mengunjungi Indonesia pada 23-24 Januari. Belum juga Rato tiba, kecaman demi kecaman terus dilontarkan kepada IMF. Kecaman itu antara lain datang dari sejumlah LSM seperti Koalisi Anti Utang (KAU), Gerakan Aliansi Rakyat untuk Penghapusan Utang (Garpu) dan INFID.

KAU sebelumnya meminta agar pemerintah mewaspadai kedatangan IMF ke Indonesia. KAU menilai banyak agenda tersembunyi di balik kedatangan Rato ke Indonesia. Sedangkan GARPU menilai IMF telah memberikan utang kepada negara-negara miskin sejak tahun 1960-an yang berdampak pada tingginya utang Indonesia.

Dan melihat tak kunjung selesainya utang Indonesia, GARPU mendesak dibentuknya Lembaga Kebangkrutan Internasional (LKI) di tingkat global di bawah otoritas dan pengawasan PBB. LKI ini pertama kali disponsori oleh koalisi Jubilee 2000 dan Kanada. Sementara INFID juga mempertanyakan kepentingan IMF datang ke Indonesia.

INFID menilai keberadaan IMF di Indonesia bukan memberikan manfaat namun kehancuran bagi Indonesia. “IMF memainkan peran destruktifnya bagi Indonesia yang sudah dimulai sejak pertengahan 1980-an ketika mendorong pemerintah Indonesia menerima program penyesuaian struktural,” ujar INFID dalam pernyataannya. INFID meminta agar berbagai pengalaman buruk bekerjasama dengan IMF dijadikan sebagai worst practices bagi negara-negara lain yang masih dalam tekanan IMF. “Pemerintah RI sebaiknya tidak melakukan tindakan sia-sia dan berbahaya jika mencoba-coba lagi menjalin kerjasama dengan IMF,” tegas INFID.

INFID juga meminta agar para pejabat, politisi, kelompok bisnis dan akademisi tidak mengambil kesempatan untuk diri sendiri dan kelompoknya dengan menyediakan diri mereka demi memuluskan kembalinya IMF ke Indonesia. Bagaimana tanggapan Rato atas berbagai kritikan itu? Yang pasti, hingga kini agenda Rato di Indonesia belum jelas. Kabarnya, Rato baru akan tiba di Indonesia malam ini sekitar pukul 20.00 WIB. Rato baru dijadwalkan bertemu dengan Presiden SBY dan tim ekonomi pada Rabu (24/1/2007) di Istana.

Kunjungan Rato merupakan rangkaian acaranya ke Asia setelah sebelumnya mengunjungi Jepang. Rato turut hadir dalam acara peringatan 10 tahun krisis ekonomi Asia yang digelar Bank Sentral Jepang. Setelah mengunjungi Indonesia, Rato dijadwalkan mengunjungi Cina.

Detikcom, 23 Januari 2007


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: